Kamis, 20 Desember 2012

1.811 PNS Golongan III Akan Diuji Kompetensi

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi kepulauan Babel, Sopian AP, mengungkapkan pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung akan menggelar uji kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya golongan III.

“Mutasi bukan wacana lagi, sudah harus segera kita lakukan, dimana kita juga ada rencana untuk menggelar uji kompetensi khususnya untuk pegawai golongan III di pemprov Babel, rencananya sekitar 1811-an pegawai pemprov akan di uji kompetensi,” kataSopian pada sejumlah wartawan di kantor Gubernur.

Menurut orang nomor satu di jajaran BKD pemprov Babel itu, reformasi birokrasi itu harus dimulai, salah satu langkahnya dengan melakukan uji kompetensi pegawai, kompetensi pegawai perlu dilakukan dengan tujuan mengajarkan PNS semakin kreatif dan inovatif serta termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi karena sadar akan kompertensi yang ada.    

“Insya Allah uji kompetensi itu akan dilaksanakan pada akhir bulan November atau awal Desember mendatang, kita akan melakukan penataan menyeluruh,” tandasnya.

Dia mengungkapkan, ada lima kriteria dalam uji kompetensi ini, antara lain, intelejensia dasar, integritas, pengetahuan umum, intelektual skill, dan manajerial skill. Uji kompetensi ini juga untuk digunakan dalam pengangkatan pejabat. Prinsipnya kita memberikan fairness kepada saseorang yang memenuhi syarat jabatan untuk berkompetisi.

“Untuk eselon dua tes kompetensi sudah dilakukan. Semua Pemda sekarang sudah mengarah ke reformasi birokrasi, salah satu penataan sumber daya manusia, kelembagaan. Saat ini diharapkan, struktur organisasi mengefektifitaskan pelayanan,” katanya.

Dia menandaskan, hasil dari uji kompetensi itu, katanya, PNS yang kompeten akan tetap berlanjut sesuai dengan tugas dan jenjang karirnya, sedangkan PNS yang setengah kompeten akan dilatih untuk terus meningkatkan kompetensinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar